You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kampung Sendang Agung Mataram
Kampung Sendang Agung Mataram

Kec. Bandar Mataram, Kab. Lampung Tengah, Provinsi Lampung

PENINGKATAN KAPASITAS KAMPUNG SMART VILLAGE KAMPUNG CERDAS

Sendang Agung Mataram 27 Juli 2022 Dibaca 74 Kali
PENINGKATAN KAPASITAS KAMPUNG SMART VILLAGE KAMPUNG CERDAS

PENINGKATAN KAPASITAS KAMPUNG SMARTVILLAGE

Implementasi Program Smartvillage Integrasi Sistem Informasi Kampung Dan Kecamatan Wujudkan Sinergitas Kampung dan Kecamatan Cerdas Kabupaten Lampung Tengah 26-28 Juli 2022 Grand Kutilang, Bandar Lampung.

OpenSID adalah Sistem Informasi Desa (SID) yang sengaja dirancang supaya 
terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID. 
OpenSID awalnya dikembangkan menggunakan SID dari Combine Resource 
Institution (CRI).


Sistem Informasi Desa
Sistem Informasi Desa (SID) adalah kanal media untuk menginformasikan 
masyarakat, pemerintah desa, kementerian, lembaga, satuan kerja perangkat 
daerah, dan institusi lainnya (K/L/D/I) tentang kondisi desa, perencanaan 
pembangunan dan pemberdayaan, serta pencapaian pembangunan yang telah 
dicapai oleh desa. Informasi dalam kanal ini diperoleh berdasarkan data SDGs 
Desa, Indeks Desa Membangun (IDM), Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa), 
dan Dana Desa. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan 
Transmigrasi, serta Kementerian lainnya dapat memperoleh data kondisi dan 
kebutuhan yang menjadi acuan dalam melakukan kegiatan pembangunan dan 
pemberdayaan di desa.

 

 

Smart Village Menuju Desa Lampung Berjaya: Maju, Mandiri dan Sejahtera. Diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Lampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi.

Smart Village berfokus mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif desa melalui pembinaan pada sektor agrikultur, kesehatan, pendidikan, pariwisata, logistik, maritim dan layanan publik.

Smart Village (Desa Cerdas) adalah Desa yang mampu (memiliki daya dukung, kapasitas, dan daya saing) dalam memanfaatkan potensi sumberdayanya dengan cara yang baru melalui pemanfaatan Iptek serta pendayagunaan kearifan lokal untuk kesejahteraan, kemajuan desa, dan peningkatan taraf hidup masyarakat dengan melibatkan segenap unsur Desa.

Untuk mewujudkan Smart Village di Provinsi Lampung, maka dibentuk Team Official Smart Village Provinsi Lampung yang terdiri dari penggiat desa di seluruh Kabupaten se-Provinsi Lampung. Team Official Smart Village ini selaku pemandu pelaksanaan program Smart Village di seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung, melalui program-program pelatihan, pendampingan, mentoring, coaching, jejaring pasar dan layanan lainnya yang berbasis digital.

“Semua desa kita kasih subdomain smart village, seperti di Purbolinggo semua desa kita buatkan sub domain smartvillage, Braja Selebah, Pringsewu 126 Desa, 4 Kelurahan, 9 Kecamatan kita buatkan subdomain dan sistem secara gratis.” Ungkap David Kurniawan (Ketua Team Official Smart Village Provinsi Lampung). 

“Kemudian kita tetap lakukan Bimtek secara terjadwal berkolaborasi dengan Tenaga Ahli Kabupaten dan Para Pendamping Desa.” Lanjutnya.

Diharapkan setelah desa paham dan menggunakan sistem aplikasi Smart Village, maka dengan sendirinya desa akan meningkatan layanannya di Desa. Seperti itulah Kabupaten yg sukses mengimplementasikan program smartvillage, tanpa ada paksaan, tugas kita hanya menyampaikan, memberikan, mendampingi desa yg membutuhkan.

Smart Village berorientasi pada penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik dan benar, maka setidak-tidaknya ada 3 pilar untuk mewujudkan Smart Village, yaitu:

  1. Smart Government : Sistem Layanan Administrasi Pemerintahan Desa berbasis digital yang Prima dan terintegrasi baik di tingkat desa, Kecamatan, kabupaten hingga provinsi.
  2. Smart Economy: Mendorong dan mengoptimalkan sektor ekonomi kreatif lokal serta terciptanya pelaku usaha baru di  Desa (UMKM, BUMDes, Koperasi, Startup) yang dikolaborasikan dengan Teknologi Digital menjadi solusi atas berbagai masalah di Desa.
  3. Smart People: meningkatkan kualiatas SDM di desa melalui INKUBASI DESA untuk menjamin keberlangsungan kemandirian desa.
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image